Green Canyon Wisata Alam yang Mempesona

_MG_77981

Objek wisata alam Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km.

Objek wisata ini nama sebenarnya adalah Cukang Taneuh (Jembatan Tanah), sebuah tempat yang memiliki potensi ragam panorama alam.

_MG_78061

Sebutan Green Canyon muncul dari dua orang wisatawan Eropa asal Perancis dan Swis bernama Frank dan Astrid. Pada tahun 1990 keduanya datang untuk melakukan wisata sungai di Cijulang. Mereka kemudian menyusuri sungai dari muara di Pantai Batukaras. Setelah kedua wisatawan itu berhasil menyelesaikan misinya, terkuaklah rahasia Cukang Taneuh yang selama ini dianggap sangat angker dan menakutkan.

Kemudian, dari mulut ke mulut, informasi keindahan Cukang Taneuh menyebarluas. Dari situ kemudian Pemerintah Kabupaten Ciamis memutuskan untuk membangun kawasan tersebut menjadi sebuah obyek wisata baru yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Jika ingin mencapai lokasi tujuan, kita diwajibkan untuk menyewa sebuah perahu dengan tarif Rp. 75.000/perahu dengan kapasitas 5 penumpang. Beruntung jika kita bisa langsung naik ke perahu, biasanya pada hari libur tempat ini begitu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

1
Mereka yang belum pernah mengunjunginya, pasti akan tertantang untuk bisa kesana. Karena, akan diajak berwisata menikmati keindahan ngarai dengan berperahu. Sambil menikmati wisata perahu yang bisa dinaiki dari Dermaga Ciseuruh, pelancong akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa di sepanjang sisi kiri dan kanan sungai. Berbagai binatang, seperti monyet, pun selalu siap menyambut wisatawan dengan teriakan-teriakannya Untuk bisa sampai ke titik pertama, kita harus melewati alur sungai yang cukup tenang selama hampir 15 menit. Setelah melewati ‘lorong’ sungai, kita selanjutnya akan berjumpa dengan sebuah tempat yang memaksa kita harus turun dari perahu.

_MG_7822
Di tempat tersebut, kita akan menjumpai deretan batu karang yang sangat indah dengan hiasan stalaktit dan stalagmit yang memesona. Batu karang juga yang memaksa kita untuk tidak melanjutkan perjalanan dengan perahu, karena alur sungai terhalang olehnya hingga sungai pun nampak bertingkat seperti tangga. Tapi, kita tidak perlu khawatir meskipun tidak bisa melanjutkan perjalanan dengan perahu. Karena, pada titik inilah, wisatawan sebenarnya akan perahu. Karena, pada titik inilah, wisatawan sebenarnya akan ditantang untuk bisa melihat keindahan Green Canyon yang sesungguhnya. Pilihannya: kita harus berani berenang hingga sampai ke hulu sungai. jika berhasil melewati rintangan sungai yang berarus pelan dengan kedalaman sekitar 10 meter, selanjutnya kita akan disuguhi pemandangan air terjun Palatar yang sangat memesona.
Saat melakukan perjalanan dengan cara berenang, wisatawan akan ditemani deretan tebing berbatu yang dihiasi stalaktit dan stalagmit. Luar biasa! Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang pun sebenarnya masih disediakan pilihan yang cukup ampuh. Di dermaga tebing tempat pemberhentian akhir perahu, ada beberapa orang warga setempat yang menyewakan ban Jika tertarik mengunjung Green Canyon, ada baiknya jika Anda memilih waktu pada musim kemarau. Karena, biasanya pada musim tersebut air sungai akan sangat jernih dan berwarna hijau tosca. Pesona itu akan membuat Anda akan merasa betah berperahu di sana.
Kondisi itu akan sebaliknya jika Anda berkunjung pada musim hujan. Selain air sungai sering meluap ke jalan raya yang mengakibatkan pengunjung tidak disarankan untuk berperahu, air sungai juga menjadi cokelat pekat dan keruh.
Sebelum memutuskan kesana, sebaiknya Anda juga menyiapkan uang tunai yang cukup. Pasalnya, di sana tidak ada bank atau ATM. ATM terdekat ada di Pangandaran, itupun tidak banyak. Jadi, sebaiknya Anda menyiapkan uang tunai sejak dari rumah, atau saat transit di pusat kota Ciamis atau Banjar.
Ada banyak cara untuk bisa mencapai Green Canyon.

buttom

Tujuan pertama yang harus dilalui wisatawan adalah Pangandaran. Jadi, usahakan dulu Anda bisa sampai ke kawasan tersebut. Terserah Anda mau menggunakan kendaraan pribadi atau umum, dua-duanya pilihan yang baik.

Rute yang harus Anda tempuh untuk mencapai Green Canyon juga sangat gampang. Dari Jakarta atau Bandung Anda bisa mengikuti rute ke Jawa Tengah. Begitu sampai di jalan pertigaan Ciamis-Banjar, sebaiknya berbelok arah ke kanan dan jangan ambil lurus.

Anda bisa memilih menginap di hotel-hotel yang tersedia banyak di Pangandaran. Atau, bisa juga menginap di Pantai Batukaras yang sangat berdekatan dengan Green Canyon.

Harganya pun sangat bervariasi, dari hotel kelas melati sampai yang berbintang ada di sana. (zul armain/berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s