8 PANTAI BERWARNA-WARNI DI DUNIA

Bicara soal pantai, pasti yang ada di benak Anda adalah lautan berwarna biru, deburan ombak, dan hamparan pasir putih kecoklatan. Tetapi di dunia ini ada beberapa pantai yang kondisi alamnya tidak seperti dalam bayangan Anda itu. Ada juga pantai-pantai yang terkenal karena pasirnya berwarna-warni.

Mulai dari pantai dengan pasir berwarna ungu, hijau, merah, hitam, hingga pantai yang pasirnya memiliki warna-warni serupa pelangi, berikut ini kami tampilkan 8 di antaranya yang dirangkum dari Budgettravel dan The Richest.

1.Pantai ungu Pfeiffer, California, Amerika Serikat

pantai-ungu-pfeiffer-california-amerika-serikat

Di Pfeiffer bagian utara, tepatnya di Big Sur State Park, California, terdapat pantai yang pasirnya berwarna ungu. Pantai unik ini letaknya cukup tersembunyi. Begitu memasuki kawasan Big Sur State Park, Anda masih harus turun ke Sycamore Canyon Road. Menurut Discover Central California, di penanda mil Mon 45,64 yang dekat dengan Los Padres National Forest itulah letak pantai ungu Pfeiffer.

Begitu sampai ke sana Anda akan dibuat kagum dengan hamparan pantai dengan pasir yang bersemu ungu. Jika diperhatikan secara seksama tidak semua pasir di pantai di Pfeiffer ungu. Ada lajur-lajur ungu tercetak di antara pasir yang berwarna putih di sepanjang pantai. Pasir ungu tersebut merupakan campuran dari warna violet, merah muda, dan ungu tua. Ditulis Budget Travel, warna-warna cantik tersebut terjadi karena butiran batu kuarsa dan garnet dengan kandungan mangan dari bukit di sekitarnya. Pasir berwarna ungu ini bisa dijumpai setelah badai pada musim dingin.

2.Pantai berpasir hijau Papakolea, Hawaii
 

pantai-berpasir-hijau-papakolea-hawaii

Nama resminya Pantai Papakolea, tetapi juga dikenal dengan nama Pantai Berpasir Hijau atau Pantai Mahana. Pantai ini terletak di dekat South Point, Distrik Ka’u, Hawaii. Pasir di pantai ini berwarna hijau gelap seperti buah zaitun. Sebenarnya Papakolea merupakan salah satu dari empat pantai dengan pasir hijau yang ada di dunia. Selain Papakolea, ada juga Pantai Talofofo, Punta Cormorant di Galapagos, dan Hornindalsvatnet yang ada di Norwegia.

Seperti ditulis Wikipedia warna hijau pada pasir pantai disebabkan karena materi vulkanik yang berasal dari gunung berapi Pu’u o Mahana yang ada di pulau. Lava gunung berapi tersebut kaya akan mineral silika yang terdiri dari besi dan magnesium. Ketika lava mendingin, mineral silika tersebut mengalami kristalisasi dan berubah menjadi butiran kristal olivine yang berwarna hijau. Olivine sendiri adalah komponen mineral yang umum ditemui dalam materi vulkanik gunung-gunung berapi di Hawaii. Karena warna hijaunya yang berkilau seperti batu zamrud, olivine dianggap oleh penduduk sekitar sebagai ‘berlian Hawaii’.

r54rr

Photo by Your Hawaii Source

t36t3634

Photo by Big Island Guru

uytyjt

Photo by Chemistry About

Ketika Gunung Pu’u o Mahana meletus sekitar 10.000 tahun lalu, gunung tersebut memuntahkan lahar yang kaya akan mineral silika. Ketika laharnya mulai mendingin, terbentuklah kristal-kristal olivine. Kristal olivine ini bercampur dengan materi lainnya dan menutupi permukaan pulau, termasuk bagian pantai. Lama-kelamaan daerah pantai mengalami erosi karena terpaan ombak terus-menerus. Tetapi butiran kristal olivine lebih berat daripada materi vulkanik lainnya. Jadi ketika materi-materi vulkanik lain terseret ombak, kristal olivine di pantai Papakolea tetap di sana dan menjadikan pesisir tampak seperti disiram warna hijau seperti sekarang.

3. Pantai merah Panjin, China
 

pantai-merah-panjin-china

Tempat dengan julukan pantai merah ini berlokasi di delta Sungai Liaohe, 30 kilometer dari kota Panjin, China. Pantai ini mendapatkan namanya karena area pantainya yang diselimuti warna merah menyala.

Warna merah menyala tersebut dikarenakan tanaman Suaeda salsa, sejenis rumput laut yang tumbuh subur di tanah dengan kadar garam alkali tinggi. Rumput-rumput ini tumbuh dari bulan April sampai Mei. Saat itu tanaman tersebut masih berwarna hijau. Baru ketika memasuki musim gugur warnanya berubah merah, menjadikan seluruh area pantai diselimuti warna merah.

435324

Photo by Travel Pandas

Pemandangan itulah yang diburu oleh para wisatawan, karena saat musim gugur pantai ini tampak seperti hamparan permadani raksasa berwarna merah yang mengagumkan. Saat seperti ini biasanya banyak turis yang berkunjung. Tetapi karena sebagian besar wilayah Pantai Merah merupakan kawasan konservasi, jadi hanya sebagian kecil saja yang terbuka untuk umum.

45633

Photo by Buzz Buzz Home

Uniknya, pantai ini juga menjadi habitat bagi burung bangau merah. Jadi pengunjung bisa menyaksikan sekawanan burung bangau merah yang sedang mencari makan sembari menikmati keindahan alam sekitar yang berwarna merah pula. Menurut Amusing Planet, pantai ini juga merupakan rawa alang-alang terluas di Asia. Alang-alang tersebut dieksploitasi dan digunakan untuk bahan baku dalam industri manufaktur kertas.

4. Pantai merah muda, Harbour Island, Bahama
 
pantai-merah-muda-harbour-island-bahama

Pantai dengan pasirnya yang berwarna merah muda ini adalah pemandangan yang jadi daya tarik utama pantai Harbour Island atau Pulau Harbour. Pantai yang ada di Kepulauan Bahama ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik di dunia. Letaknya di lepas pantai timur laut dari Pulau Eleuthera.

Pantai merah muda ini sebenarnya tidak terlalu luas, hanya terbentang sejauh 3 mil saja. Walaupun begitu wisatawan yang berkunjung ke Pulau Harbour hampir selalu mencari sisi pantai yang berpasir unik ini. Pantai ini memang terkenal karena pasir pantainya yang berwarna merah muda lembut seperti susu stroberi. Pasirnya terdiri dari koral, cangkang kerang, dan kalsium karbonat yang dihasilkan oleh jutaan invertebrata renik.

tyret

Photo by www.lipstickalley.com

yuty

Photo by www.loucoporviagens.com.br

yrt

Photo by www.familyholiday.net

Menurut Harbour Island Guide, warna merah muda pasir pantai ini berasal dari foraminifera, hewan bersel satu mikroskopis yang berukuran sangat kecil. Hewan ini memiliki cangkang berwarna merah atau merah muda yang berguna untuk melindungi diri dan mencari makan. Jumlah kerang ini memang sangat berlimpah di pantai tersebut. Cangkang dari foraminifera yang sudah mati terseret hingga ke pantai, mengalami pelapukan selama bertahun-tahun dan akhirnya berubah menjadi butiran pasir.

5. Pantai oranye Porto Ferro, Italia
 
pantai-oranye-porto-ferro-italia

Kadang ada yang menyebut pantai ini berwarna merah. Tetapi jika diperhatikan lagi sebenarnya pasir pantai ini memiliki warna oranye kemerahan. Pantai ini terletak di bagian utara pulau Sardinia, Italia. Daerah pantai Porto Ferro yang pasirnya berwarna oranye sebenarnya hanya beberapa mil saja. Pasir berwarna aneh tersebut ternyata terbentuk karena campuran dari batu kapur oranye asli daerah itu, kulit kerang yang hancur, dan endapan materi gunung berapi.

gdf

Photo by brivbridis.lv

Daerah pantai ini merupakan salah satu pemandangan terbaik di Sardinia. Biasanya wisatawan datang ke sana untuk menyelam, berselancar, atau sekadar berjemur.

6. Pantai abu-abu Shelter Cove, Amerika Serikat
 
pantai-abu-abu-shelter-cove-amerika-serikat

Shelter Cove adalah nama sebuah pantai di Humboldt County, California, Amerika Serikat. Pantai ini cukup terpencil dan tidak terlalu sering didatangi pengunjung. Padahal ia memiliki kondisi alam yang unik. Tak seperti umumnya pantai, pasir di pantai ini berwarna abu-abu keperakan.

gdgfdgdf

Photo by www.panoramio.com

Pasir berwarna abu-abu ini merupakan hasil akhir dari pelapukan tebing-tebing di dekatnya selama puluhan tahun. Serpihan tebing tersebut berubah menjadi pasir abu-abu berkilauan yang menghampar di sepanjang pantai.

Selain karena pasirnya yang unik, daerah ini juga dikenal satwa liarnya. Di sana terdapat kawasan konservasi yang menjadi rumah bagi singa laut, elang botak, dan Roosevelt elk.

 

7. Pantai putih Hyams, Australia
 
pantai-putih-hyams-australia

Pantai ini terletak di Teluk Jervis, negara bagian New South Wales, Australia. Pantai Hyams adalah salah satu atraksi yang paling terkenal di Australia karena pasir pantainya yang berwarna putih bersih. Pantai ini bahkan masuk ke The Guinness Book of Records sebagai pantai dengan pasir paling putih di dunia. Saat matahari bersinar terang pasir pantai ini akan tampak semakin putih seperti salju.

ffd

Photo by www.panoramio.com

Selain karena pemandangan alam sekitarnya yang indah, pantai ini juga populer sebagi lokasi penyelaman dan snorkeling. Bahkan disebut-sebut sebagai lokasi peyelaman terbaik di Australia setelah Great Barrier Reef.

 

8. Pantai merah, Pulau Pangeran Edward, Kanada
 
pantai-merah-pulau-pangeran-edward-kanada

Prince Edward Island atau Pulau Pangeran Edward dalam bahasa Indonesia merupakan provinsi terkecil di Kanada. Keunikan pantai di pulau ini adalah pasirnya yang berwarna merah. Hampir seluruh bagian pantai di pulau tersebut memiliki warna merah gelap yang cantik. Sekarang taman ini menjadi bagian dari MacKerricher State Park.

Warna merah tersebut disebabkan karena kandungan iron oxide yang tinggi. Karena itu pantai Pulau Pangeran Edward disebut pula dengan nama red sand shore atau pantai pasir merah. Sebenarnya bukan hanya di daerah ini saja pantai yang memiliki pasir berwarna merah. Di beberapa negara lain juga terdapat pantai seperti ini.

Itulah 8 pantai paling berwarna-warni yang tersebar di seluruh dunia. (merdeka)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s